Penarikan Gigi Canine Sebabkan Gigi Berotasi

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok, saya kan sudah 5/6 bulan pakai behel. Nah sudah mulai dilakukan penarikan. Gigi first premolar saya kanan kiri atas bawah kan dicabut diawalnya. Setelah penarikan ini, gigi canine yang bagian kanan bawah itu jadi berotasi gitu. Kira2 gimana ya dok solusinya ? Terima kasih dok

10 Jun 2018, 01:29 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar penarikan gigi canine yang menyebabkan gigi jadi berotasi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Dalam perawatan Orthodontik, memang terdapat beberapa cara pengajaran / metode dalam melakukan perawatan kawat gigi. Menurut pandangan kami metode yang diterapkan oleh dokter gigi anda sudah benar. Untuk menutup celah/space memang harus dilakukan penarikan satu persatu, dengan cara ini maka gigi akan bergeser seutuhnya dari ujung mahkota sampai ujung akar, itupun harus menggunakan kawat yang recta ukuran tebal.

Jika karet sambung langsung dipasang ke semua gigi dapat menyebabkan gigi masuk dan sehingga profil wajah dapat terlihat cekung ke dalam dan membuat tampilan profil wajah anda seperti paruh burung. Hal ini dikarenakan penarikan seperti itu hanya menggerakan bagian mahkota gigi saja, sedangkan akar gigi masih berada posisi aslinya dan tidak ikut bergerak/bergeser.

Dokter gigi yang mendalami ilmu pemasangan kawat gigi akan mengerti seberapa kuat tarikan yang baik untuk menggeser gigi, kapan interval waktunya yang diperbolehkan. Tarikan yang terlalu kencang malah bisa menjadikan gigi tersebut goyang  bukan bergeser seperti yang kita inginkan.

Dalam kasus anda dimana gigi jadi berotasi, ada beberapa kemungkinan. Bisa karena penarikan dilakukan dengan kawat yang tipis, atau terlalu cepat / belum waktunya untuk penarikan sehingga gigi malah tidak bergeser. Untuk penarikan harus menggunakan kawat recta, dan sebisa mungkin bracket di gigi molar 1 terpasang (buccal tube).

Saran kami agar anda berdiskusi proaktif dengan dokter gigi dan tetap bersabar dalam menjalankan perawatan kawat gigi, karena dokter gigi harusnya tahu tahap-tahap yang terbaik. Agar mendapatkan hasil perawatan gigi yang maksimal diperlukan sikap kooperatif dari pasien. Dengan menghindari makanan yang keras, rajin dan teliti membersihkan gigi, rutin control 2-3 minggu sekali kami yakin anda akan  mendapatkan hasil perawatan kawat gigi memuaskan dan sesuai dengan harapan anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penarikan gigi canine yang menyebabkan gigi jadi berotasi, semoga bermanfaat.

10 Jun 2018, 01:29 WIB