Haid Tidak Lancar- #247420

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Hai dok nama saya yunita single umur 20 tahun saya mau tnyk , sejak setahun lalu menstruasi saya gk lancar smpai pernah hampir 4 bulan ,, dan pas menstruasi keluarnya jga sedikit smpai saya gk pernah memakai pembalut Dan sekarang telat haid lagi sudah dua bulan , kira2 knp ya dok , ada rasa takut tpi saya mencoba berfikir positif Mntak tolong di jawab ya dok terima kasih☺️

10 Jun 2018, 15:07 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak lancar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Berapa kali Anda harus mengganti pembalut (penuh)? Apakah ada berada dalam keadaan stress emosional? Apakah Anda sebelumnya pernah mengalami hal ini atau baru pertama kali? Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda dapat keadaan tersebut? Perhatikan asupan nutrisi Anda dan hindari diet berlebihan.

Volume terbanyak umumnya terjadi pada hari pertama atau kedua haid, kemudian akan semakin berkurang dan akhirnya berhenti. Perdarahan pada saat menstruasi memang tidak selalu harus perdarahan yang banyak, bisa juga berupa flek-flek. Lama haid 3-5 hari termasuk normal walaupun jumlah darah yang keluar adalah sedikit. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Baiknya anda observasi terlebih dahulu menstruasi saat ini. Jika siklus menstruasi dan jumlah darah haid masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun untuk memastikan Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai haid sedikit. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

10 Jun 2018, 15:07 WIB