Nyeri Pinggang Belakang Dan Lutut - #247435

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dok. Pinggang saya kiri kanan sakit semua, sampai kaki kaki sakitnya. Ngilu pegal gitu. Lutut juga terasa sangat sakit sekali. Kira2 penyebabnya apa ya dok? Apa karena pekerjaan saya yg full berdiri atau ada faktor lain? Terimakasih

10 Jun 2018, 20:09 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri pinggang belakang dan lutut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai nyeri pinggang belakang pasti sangat mengganggu Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan.

Sudah berapa lama Anda merasakan nyeri pinggang belakang tersebut? Apakah Anda pernah memiliki riwayat jatuh? Apakah Anda memiliki penyakit sendi? Apakah Anda memiliki penyakit tulang? 

Nyeri pinggang belakang dapat disebabkan oleh otot, tulang dan saraf. Untuk membedakan ketiga penyebab tersebut harus dilakukan wawancara medis secara mendetail dan pemeriksaan fisik. Namun, jika nyeri yang Anda rasakan timbul saat pergerakan, kemungkinan besar penyebabnya adalah otot atau tulang.

Keluhan nyeri pada lutut Anda yang menjalar sampai ke telapak kaki dapat disebabkan oleh gangguan otot, pembuluh darah, dan saraf. Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll) atau cedera.

Karena itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, khususnya oleh dokter spesialis saraf atau dokter spesialis ortopedi (tulang) serta pemeriksaan penunjang baik pemeriksaan laboratorium, foto rontgen maupun pemeriksaan lain untuk memastikan penyebab nyeri lutut yang terjadi apakah dikarenakan suatu proses infeksi atau peradangan. ukan pemijitan kembali. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis mendetail dan pemeriksaan fisik lengkap sehingga penyebab dari gejala Anda dapat diketahui dan diobati.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai nyeri pinggang belakang dan lutut. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

10 Jun 2018, 20:09 WIB