Pengobatan Untuk Gusi Bengkak Dan Sisa Akar

Info Penanya, pria 18 Tahun

Siang bu dokter, Saya mau tanya gigi saya kan kanan dan kiri bolong yaaa atas dan bawah juga, sudah ke dokter, trus gigi yang bagian kanan bawah itu tinggal sisa akarnya saja, dan bagian atas gigi kanan saya bengkak, kira kira obatnya apa yaa? Terimakasih

10 Jun 2018, 01:39 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar pengobatan untuk gusi bengkak dan sisa akar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi anda saat ini. Berdasarkan keterangan yang anda jabarkan, kemungkinan anda mengalami abses gigi. Bila dibiarkan tanpa perawatan yang tepat, abses dapat meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak dan menyebabkan pembengkakan yang cukup besar. Misal gigi molar bawah mengalami abses, pipi dapat mengalami pembengkakan yang cukup besar, bila dipegang terasa panas, sakit dan bisa disertai demam. Terkadang kelenjar limfe yang berdekatan dapat membesar dan terasa sakit. Kalau kondisi memburuk (misalnya daya tahan tubuh pasien lemah, dikombinasi dengan bakteri yang virulen dan tidak dirawat), bisa terjadi komplikasi yang cukup serius. Bakteri dapat menyebar melalui aliran darah ke organ vital, dan dapat terjadi kondisi yang disebut Angina Ludwig yang menyebabkan pasien kesulitan bernafas, akibatnya dapat berujung kepada kematian, seperti yang dilaporkan pada beberapa kasus. Hal tersebut adalah dampak terburuk, dan belum tentu terjadi pada semua pasien yang mengalami abses kronis.

Terjadinya abses itu sendiri dapat didiagnosa dengan menyamakan gejala-gejala yang timbul dan dengan melakukan pemeriksaan langsung pada gigi sumber penyebab serta membuat foto rontgen untuk membantu menegakkan diagnose.

Pengobatan yang disarankan adalah penggunaan antibiotik, namun perlu resep dari dokter gigi untuk menentukan jenis antibiotik yang tepat. Sedangkan gigi sisa akar kanan bawah sebaiknya dicabut untuk mencegah terjadinya infeksi. Periksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi, dan silahkan berdiskusi untuk menentukan rencana perawatan yang terbaik agar mendapatkan pengobatan yang tepat dan menghindari resiko yang lebih buruk.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pengobatan untuk gusi bengkak dan sisa akar, semoga bermanfaat.

10 Jun 2018, 01:39 WIB