Penyebab Gusi Bengkak Dan Perdarahan Menggumpal

Info Penanya, wanita 31 Tahun

Dokter,gusi aku bengkak lama banget,dan karna udah ga tahan ahirnya mrmberanikan diri pergi ke dokter gigi.meski bengkak parah (menurutku sendiri,karna udah besar bengkaknya juga terlihat bintik putih kayak sariawan di gusi yg bengkak)dokter men'scaling gigi ku,dan sakitnya luar biasa.setelah di scaling beres,kok darah terus muncul,dan yg lebih bikin takutnya keesokan malemnya,darah yang keluar banyak dan menggumpal.jadi apa itu wajar?atau berbahaya?trus kalo itu notmal,berapa hari biasanya darah itu brrhenti?kalo bisa kasih tau juga cara menghentikan pendarahan itu?karna jujur...aku nya jadi mual dgn banyaknya darah dimulutšŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­.terima kasih Dok.

10 Jun 2018, 22:33 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab gusi bengkak dan perdarahan menggumpal menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gusi yang bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang, infeksi atau kondisi lainnya, apakah ada gigi Anda yang berlubang? apakah ada sisa akar pada sekitar area yang mengalami sakit ? apakah terasa sakit pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan ?. Tanda-tanda lpada gusi yang mengalami peradangan adalah gusi lebih mudah berdarah dan berwarna merah terang.

Penyebab paling umum dari peradangan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, sehingga banyak terjadi penumpukan plak dan karang gigi di daerah gusi yang berbatasan dengan gigi namun ada juga penyebab lainnya seperti penyakit sistemik dan hormonal.

Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang. Untuk menyembuhkan gusi bengkak, perlu diketahui terlebih dulu penyebabnya dan untuk mengetahui penyebabnya tentu saja diperlukan bantuan dokter gigi lalu baru dapat dipastikan terapi yang diperlukan.

Perdarahan yang menggumpal bisa jadi akibat perdarahan dari radang gusi. Untuk mengatasinya perlu dilakukan kuretase gusi.Ā Sebaiknya segera kembali ke dokter gigiĀ untuk melanjutkan perawatan gigi. Dan sementara menunggu ke dokter gigi anda dapat berkumur larutan kumur mengandung Chlorhexidine.

Demikian jawaban yang dapat kamiĀ berikan mengenai penyebab gusi bengkak dan perdarahan menggumpal, semoga bermanfaat.

10 Jun 2018, 22:33 WIB