Mata Terasa Sakit Saat Terkena Matahari

Info Penanya, wanita 16 Tahun

Hallo dok saya Rahmah usia 16 tahun.. saya mau nanya dok .kenapa ya saat saya terkena cahaya matahari kadang mata saya langsung sakit dan penglihatan seperti gelap dibarengi dengan rasa pusing dan kejadian itu sudah sering saya alami walaupun durasi nya hanya beberapa detik .. hal itu pun juga biasa terjadi ketika saya ingin berdiri setelah berbaring...dan akhir akhir ini saya sering merasakan sakit kepala..apakah itu hal yang biasa dok ? Sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terimakasih

11 Jun 2018, 09:35 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Mata Terasa Sakit Saat Terkena Matahari.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Sebelumnya kami perlu menanyakan beberapa informasi, sudah berapa lama keluhan ini berlangsung? pada mata bagian mana yang terasa silau dan kabur? Apakah ada keluhan lain seperti, nyeri, mata merah, berair atau keluhan lain? Apakah anda memiliki riwayat gangguan refraksi seperti minus, plus atau silinder(astigmatisma)? 

Perlu diketahui, keluhan pada mata dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, baik karena gangguan yang terdapat pada mata ataupun gangguan sistemik. Berikut merupakan beberapa penyebab rasa tidak nyaman pada mata saat melihat cahaya :

  • Infeksi
  • Katarak
  • Terlalu banyak cahaya yang masuk ke mata
  • Keadaan Albinism
  • Stimulasi berlebihan dari receptor di retina mata
  • Aliran listrik yang berlebihan di saraf optikus
  • Respons berlebihan pada saraf optikus (mata)

Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata agar diwawancara dan diperiksa secara teliti serta mendapat penanganan segera yang sesuai.

Pada saat cuaca panas, tubuh berusaha menjaga temperatur dirinya untuk tetap stabil melalui proses berkeringat. Akan tetapi, bila suhu sekitar terlalu panas dan asupan cairan kurang, pada titik tertentu tubuh tidak lagi mampu menghasilkan keringat dan akan mengalami dehidrasi. Salah satu tanda dehidrasi akibat hilangnya cairan tubuh adalah sakit kepala.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Mata Terasa Sakit Saat Terkena Matahari. Semoga bermanfaat.

Salam,

11 Jun 2018, 09:35 WIB