Bintik Merah Dan Gusi Berdarah Apakah Gejala DB?

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Dok akhir akhir ini tubuh saya keluar bintik bintik merah,dan juga gusi saya berdarah apakah itu gejala db dok?

11 Jun 2018, 23:32 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terima kasih telah bertanya tentang bintik merah dan gusi berdarah apakah gejala DB melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai Demam Berdarah, DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini menggigit manusia di siang hari. Virus dengue terdiri dari empat jenis (strain), yakni dengue tipe 1,2,3, dan 4. Namun tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.

Penyakit DBD sampai sekarang memang tidak terduga. Secara umum penyakit ini memiliki ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan muntah darah. Namun sayangnya, gejala yang sama sering ditemukan pada penyakit lain. Akibatnya, sampai sekarang sering terjadi salah diagnosis. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dan mengenali gejala lainnya seperti :

GEJALA:

- Demam tinggi mendadak

- Sakit kepala berat, terutama di bagian dahi

- Nyeri pada tubuh dan sendi

- Mual atau muntah

- Muka kemerahan

- Pemeriksaan laboratorium menunjukkan leukosit dan trombosit turun (kurang dari 100 ribu) dan terjadi peningkatan hematokrit (kekentalan darah).

Jika anda mengalami gejala-gejala diatas segeralah periksakan ke dokter umum, untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Untuk keluhan gusi berdarah, dugaan kami paling umum disebabkan karena peradangan gusi. Periksa ke dokter gigi untuk memastikannya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bintik merah dan gusi berdarah apakah gejala DB, semoga bermanfaat.

11 Jun 2018, 23:32 WIB