Efek Samping ARV

Info Penanya, pria 23 Tahun

dok saya penderita HIV yang melakukan terapi ARV, namun saya merasakan sesuatu yang tidak normal dalam menjalani kehidupan sehari hari, sperti cepat lelah saat bekerja, merasa lemah saat setelah kerja berat, tiba tiba demam, meriang, sakit di seluruh kulit jika di sentuh, dan pegal pegal, namun jika keesokan harinya tiba tiba hal itu hilang bgtu saja, dan menjadi sehat seperti biasa, apa itu adalah hal yang wajar bagi penderita HIV? trima kasih.

12 Jun 2018, 12:45 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya seputar Efek ARV menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Apa jenis obat HIV (ARV) yang Anda konsumsi? Efek samping apa yang Anda rasakan? Apabila Anda menderita HIV maka sebaiknya memang Anda mengkonsumsi obat HIV. Obat-obatan HIV dapat mencegah berkembangnya virus.

Adapun efek samping sementara dari beberapa obat-obatan ARV adalah nyeri kepala, darah tinggi, mual, mudah lelah dan pegal-pegal yang biasanya akan menghilang secara spontan dalam beberapa minggu. Selain itu dapat muncul efek samping yang sering munucul adalah ruam kemerahan pada kulit, dan lebih umum timbul pada perempuan daripada laki-laki. Efek samping yang paling berat adalah kerusakan hati. Namun obat ini juga dapat memberikan efek baik pada tubuh dengan meningkatkan HDL, kolesterol baik dalam darah.

Pada pasien yang mengalami tanda-tanda atau gejala reaksi kulit berat, sebaiknya pemakaian obat tersebut dihentikan karena dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter anda jika mengalami reaksi efek samping yang berat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

12 Jun 2018, 12:45 WIB