Pil KB untuk ibu menyusui

Dok, saya mau tanya, saya seorang ibu yg menyusui dan saya menggunakan KB, setelah melahirkan saya menggunakan KB suntik 3 bulan, tp selama saya menggunakan KB 3 bulan tersebut, dtg bulan saya Tdk lancar, setiap dtg, tetes2 sedikit selama 1 bln,, dan akhirnya suami saya menyarankan utk pindah KB ke pil KB utk menyusui yg katanya bs dtg bln teratur,, tp setelah saya sdh menggunakan KB pil utk menyusui tsb sdh hampir 2 bln ini Tdk haid,, knp ya dok? Apakah Krn perpindahan tsb? Apabila Krn perpindahan tsb, kira2 sampai kpn dok? Terimakasih jawabannya,,

Lihat Selengkapnya
wanita, 26 Tahun20 Jun 2018, 10:06 WIB

dr. Reza Fahlevi

Dijawab oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih telah bertanya tentang cara minum pil kb laktasi melalui fitur Tanya Dokter.

Pil KB laktasi adalah pil KB yang hanya mengandung progesteron. Pil ini efektif untuk menunda kehamilan (99%) selama digunakan dengan benar yaitu dikonsumsi setiap hari pada jam yang sama di waktu haid maupun tidak haid.

Pil KB laktasi bisa dimulai kapan saja selama Anda tidak hamil atau dicurigai hamil. Anjuran diminum saat hari pertama haid itu hanya untuk memudahkan saja. Yang penting Anda meminumnya secara rutin (tidak bolong-bolong) dan selalu di jam yang sama.

Efek samping pil KB ini adalah gangguan haid, yaitu tidak haid. Namun kelebihan pil KN laktasi adalah tidak mempengaruhi produksi ASI. Jika Anda ingin KB tanpa mengganggu siklus haid dan menyusui, Anda dapat mengggunakan spiral.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara minum pil kb laktasi. Semoga bermanfaat. 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pil KB dan Gangguan Penglihatan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Cara Memilih Kontrasepsi yang Tepat

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Keluar Flek Setelah Menggunakan Pil KB

Dijawab oleh:dr. Anita Amalia Sari

Belum Haid Setelah Minum Pil KB

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

pil kb- #246140

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk