Hubungan Seks Saat Hamil

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok. Saat ini saya sedang hamil 2bln. Bahaya gak,kalo mlkukan hubungan. D krnakan suami minta, tp sya khawatir dgn kndungan. Bahaya gak dokk?

22 Jun 2018, 15:43 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Hubungan Seks Saat Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Jika kondisi kehamilan Anda sehat, sebenarnya tidak masalah untuk melakukan hubungan seksual (dengan ejakulasi di dalam) saat hamil pada usia kehamilan berapapun. Rasa panas setelah berhubungan seks saat hamil kemungkinan disebabkan foreplay yang kurang lama atau adanya keputihan. Apakah Anda mengalami keputihan?

Asalkan tidak ada keluhan yang mengikuti hubungan seksual Anda seperti flek perdarahan, cairan ketuban merembes, rahim kontraksi terus menerus, dan riwayat keguguran berulang maka hubungan seksual dalam kehamilan diperbolehkan.

Selain itu aktivitas yang dilakukan saat berhubungan badan juga berisiko menimbulkan terjadinya perdarahan pasca senggama. Namun, jika kondisi kehamilan Anda sehat, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Janin sebenarnya tidak akan terpengaruh karena dilindungi oleh plasenta, dan kontraksi rahim yang timbul saat orgasme tidak cukup kuat untuk mencetuskan persalinan. Posisi yang aman adalah posisi yang tidak menaruh/menimbulkan tekanan pada perut atau rahim istri. Anda dapat mencoba posisi menyamping, di sisi tempat tidur, dll.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Hubungan Seks Saat Hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

22 Jun 2018, 15:43 WIB