Minum Suplemen Berserat Saat Hamil

Halo dok ! Saya hamil 1 bulan , saya mengalami sulit buang air besar sehingga saya minum vegeta . Apakah tidak papa dok? Apa akibat nya ?

Lihat Selengkapnya
wanita, 17 Tahun27 Jun 2018, 01:03 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Amankah minum suplemen berserat saat hamil?

Sembelit/ konstipasi pada wanita hamil ternyata tidak hanya berkaitan dengan kurangnya asupan serat, namun juga berkaitan dengan peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan berkurangnya pergerakan lambung dan meningkatnya waktu transit makanan di lambung. Selain itu penekanan rektum (bagian terbawah usus besar) akibat pembesaran rahim juga dapat menyebabkan konstipasi.

Suatu penelitian menyebutkan bahwa terjadinya konstipasi semakin berkurang dengan bertambahnya usia kehamilan. Gandum atau makanan yang mengandung serat efektif di dalam menangani konstipasi.Sudahkah Anda mengubah pola makan?

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba sebelum beralih ke minuman suplemen berserat:

  • Makan makanan berserat (roti gandum, buah, sayuran)
  • Minum cairan dalam jumlah cukup (6 ? 8 gelas air dan 1 -2 gelas jus per hari)
  • Minum minuman hangat terutama di pagi hari. Ini akan merangsang usus untuk bergerak.Miliki waktu khusus untuk BAB dan hindari mengedan ketika BAB
  • Ketika di toilet dapat melakukan gerakan duduk tegak dan bersandar sedikit kebelakang, naikkan lengan ke atas untuk mengaktifkan gerakan usus besar, bergerak dari samping ke samping untuk melancarkan gerakan usus, dan letakkan salah satu kaki di suatu kotak untuk menurunkan tekanan dari anus (dubur)
  • Apabila memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk sepanjang waktu, berdirilah dan berjalan setiap jam atau kapanpun ada waktu.Olah raga secara teratur.
  • Hindari konsumsi suplemen zat besi, karena dapat menyebabkan konstipasi.
  • Jika Anda disarankan dokter untuk mengkonsumsinya selama kehamilan, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu jika ingin menghentikan.

Apabila nyeri perut dan konstipasi yang terjadi tidak ada perbaikan dengan asupan makanan berserat, maka penggunaan laksatif sebagai perangsang lebih efektif dibandingkan laksatif yang membentuk masa tinja. Efek samping penggunaan laksatif diantaranya adalah diare dan nyeri perut.

Hubungan antara minuman suplemen berserat terhadap janin dan asupan gizi ke janin

Hal yang ditakutkan pada beberapa produk minuman suplemen berserat yang terlalu kuat adalah dapat ikut merangsang otot dinding rahim. Sepanjang pengetahuan kami dari informasi produk tersebut, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi produk tersebut setelah usia kandungan di atas 5 bulan. Sedangkan mengenai asupan gizi ke janin sangat dipengaruhi oleh asupan sang ibu, maka selaiknya selain mengkonsumsi suplemen tersebut diperhatikan pula gizi dari makanan lainnya. Namun jika sembelit tetap terjadi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter keluarga atau dokter spesialis penyakit dalam untuk menyingkirkan kemungkinan adanya gangguan pada anatomi sistem pencernaan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Jatuh Terbentur Tulang Ekor Saat Hamil

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Hamil Kembali Setelah Steril

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Tanda-Tanda Kehamilan- #249515

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Makan Pare Saat Hamil

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Nyeri Saat BAB

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk