Pulpa Polip Pada Ibu Hamil

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok saya mau tnya.. Saya menderita polip gigi dan akhir akhir ini sering berdarah tanpa sebab. Bangun tidur saat meludah, sudah bercampur darah,dan bukan darah segar, tp terjadi saat saya sedang tidur. Darah berasal dari gigi saya yang berlubang. Saya sedang hamil 20k. Apakah itu pngaruh dari kehamilan saya, atau karna polip gigi saya sudah parah dan butuh penanganan. Lalu bagaimana dok, apakah harus dicabut atau dibiarkan saja. Lalu berpengaruh terhadap janin tidak dok.

28 Jun 2018, 09:30 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terimakasih telah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan penjelasan anda, keluhan seperti ini adalah akibat lalai dalam melakukan perawatan gigi. Gigi yang sudah mengalami polip walaupun tidak berdarah, seharusnya diberikan perawatan saluran akar atau bahkan pencabutan. Tidak boleh ditunda-tunda karena dapat mengakibatkan konsekuensi yang membahayakan untuk sang ibu maupun janin.

Walaupun sebagian besar perawatan gigi dapat ditunda hingga sang ibu melahirkan, namun pada kasus tertentu perawatan gigi tidak dapat ditunda lagi. Terkait hal ini, banyak yang harus dipertimbangkan agar perawatan gigi ibu hamil tidak berdampak buruk bagi sang ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya.

Kasus yang di prediksi membutuhkan waktu lama untuk ditangani tidak disarankan untuk dilakukan, mungkin ini yang jadi bahan pertimbangan dokter gigi anda. Terutama jika terjadi pada usia kehamilan trimester ketiga. Pasalnya, ibu hamil yang terlalu lama dalam posisi berbaring di kursi gigi dapat mengalami sindrom hipotensi atau penurunan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena rahim ibu yang membesar menekan pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) di sebelah kanan ketika ibu dalam posisi berbaring, dan mengganggu aliran darah balik ke jantung. Pada kondisi yang berat, hal ini dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. 

Kami menyarankan untuk segera berkonsultasi kepada dokter gigi agar dilakukan observasi untuk mengambil tindakan yang tepat sesuai kondisi anda. Jaga kebersihan gigi yang mengalami polip dengan melakukan pembersihan karang gigi dan menyikat gigi secara teratur.

Demikian informasi yang dapat diberikan, terima kasih.

28 Jun 2018, 09:30 WIB