Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Suntik KB

Info Penanya, wanita 29 Tahun

Dok saya kok lama hamilnya setelah lepas kb suntik 3 bulan skli sjak tgl 5/2/2017 saya lepas kb hngga bulan ini saya belum ad tnda khamilan malahan haid saya gk teratur tgl nya bulan kmrin thl 13 yg biasanya tgl 15 mlh bulan ini saya pikir tlat gk thu nya bru haid skrng

28 Jun 2018, 13:32 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan tentang efek KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar diketahui penyebab haid tidak teratur anda setelah 3 tahun lepas KB suntik. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

28 Jun 2018, 13:32 WIB