Penyebab Nyeri Ulu Hati

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Siang dok, sudah seminggu ini maag saya kambuh sampai nyeri ulu hati. Lalu saya sudah ke dokter 2x, obat habis kambuh lg, dan sekarang masih sering mual, muntah, gk nafsu makan.. Gimana ya dok caranya biar sembuh? Obat apa yg dapat saya konsumsi? Rasanya badan seperti mabuk kendaraan ini. Terima kasih

28 Jun 2018, 13:32 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan mengenai nyeri ulu hati melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung (maag), penyakit refluks asam lambung ( Gastroesofageal Reflux Disease/ GERD), maupun gejala dari serangan jantung. Pada penyakit GERD selain merasakan nyeri di ulu hati, pasien dapat merasakan dada yang panas seperti terbakar hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus) akibat rusaknya klep antar lambung dan esofagus, selain itu pasien dapat pula merasa asam di lidah. Pada serangan jantung memang biasanya gejala yang timbul adalah nyeri dada sebelah kiri seperti ditekan benda berat, tetapi ada juga sebagian pasien yang mengeluhkan nyeri ulu hati lalu nyeri dapat menjalar hingga ke dada bagian belakang atau menjalar ke rahang atau lengan sebelah kiri. Bagaimana keluhan Anda saat ini?

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan wawancara terarah, pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnosis dari keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri ulu hati, semoga bermanfaat.

28 Jun 2018, 13:32 WIB