Menghitung Usia Kehamilan

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok saya mau tanya ? 1bulan yg lalu sktar tanggl15mei kmrin saya keluar flek wrna coklat dan sampai skrang saya belum lagi haid ..biasanya sya haid awal bulan tanggaL 5 dokk. tpi saya tes hasilnya POSITIV HAMIL Saya bingung dokk jadi usia kandungan saya sudah berapa buLan ??

28 Jun 2018, 20:35 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut  HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda jika memang terbukti terjadi kehamilan. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

28 Jun 2018, 20:35 WIB