Berdebar-debar

Mau tanya dok. Kenapa setiap coba minum kopi atau minum soda baru 1 tegukan saja. 5 menit kemudian jantung langsung berdebar. Nafas sesak. Badan dingin & pucat. Padahal sebelumnya saya ngopi bisa sampai 3 gelas sehari. Dan minum soda pun gak ada masalah.. setelah kejadian 1x. Setelah itu gak bs minum kopi. Soda. Ataupun minuman seperti milo dan lasegar walaupun hanya 1 tegukan

Lihat Selengkapnya
pria, 28 Tahun29 Jun 2018, 12:47 WIB

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Dijawab oleh:

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah bertanya mengenai jantung berdebar melalui fitur Tanya DokterHalo,

Jantung yang terasa berdebar-debar sehingga menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan dalam dunia kedokteran dikenal sebagai palpitasi. Seseorang dapat mengalami palpitasi meskipun tidak mengalami penyakit jantung ataupun irama jantung yang abnormal.

Palpitasi yang dirasakan setelah makan dapat tetjadi ketika jantung memompa darah ke saluran pencernaan untuk membantu proses pencernaan. Penyebab lain adalah fluktuasi dari gula darah dan efeknya terhadap jantung, makan yang berlebihan, makan makanan pedas, makan makanan yang tinggi kadar lemak, gula, dan karbohidrat (terutama bila dikonsumsi setelah periode lapar yang lama), atau alergi makanan tertentu. Selain itu, minum minuman yang berkafein seperti kopi atau alkohol juga dapat menyebabkan palpitasi. Keadaan lain yang juga dapat menjadi penyebab adalah masuknya asam lambung ke saluran di atasnya yang disebut juga refluks gastroesofageal.

Apakah rasa berdebar-debar juga disertai oleh sesak napas, pusing? Hal ini perlu ditanyakan karena palpitasi juga dapat disebabkan oleh keadaan medis tertentu yang perlu ditangani. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter untuk memastikan penyebab keluhan berdebar-debar Anda serta mendapatkan penanganan yang tepat bila memang diperlukan. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai jantung berdebar . Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pertanyaan Seputar Jantung Berdebar

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk