Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Suntik KB

Info Penanya, pria 24 Tahun

Sy menikah bulan januari 2018 setelah itu langs kb suntik 1 bulan. bulan juni sy stop kb suntik. haid terakhir sy 08 juni-15juni. dan setiap 2hari sekali melakukan hubungan badan pd tgl 21 dan 22 sy mengalami flek kecoklatan, kram perut, pinggang dan punggung nyeri hingga sekarang, sering bak namun volume air kencing hanya sedikit, perut terasa tidak enak, pusing. tgl 22 dan 24 sy coba TP hasil negatif. apakah sy terlalu awal utk TP? apakah ada penyakit perihal yg sy alami karena baru kali ini mengalami flek namun haid tidak datang apalagi bulan ini baru selessai haid 1 minggu yg lalu.

29 Jun 2018, 10:14 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan tentang efek KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar diketahui penyebab haid tidak teratur anda setelah 3 tahun lepas KB suntik. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

29 Jun 2018, 10:14 WIB