Kaki Mudah Kesemutan - #250823

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Siang dok, awalnya saya memang kurang enak badan, karena ada saudara yang sakit, saya pergi membesuk ke Rumah Sakit sampai jam 8 malam, d waktu pukul 5 sore tubuh saya merasa kedinginan, saya pikir itu hal biasa karena tubuh saya memang tidak tahan dingin, namun pukul 6 sore ujung kaki dan tangan saya kesemutan, hal ini baru pertama kali terjadi, saya bergegas pulang, sampai d rumah pukul 10malam, lalu saya pakai pakaian hangat, dan minum air putih hangat lalu tidur, keesokan harinya kesemutanya hilang. Saya mau tanya dok, apakah hal ini wajar? Atau bagaimana dok.. Terimakasih 😊

29 Jun 2018, 20:37 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar kaki mudah kesemutan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.

Secara definisi kesemutan adalah sensasi abnormal pada kulit. Keluhan ini dapat berlangsung sementara maupun jangka panjang dengan penyebab yang bervariasi.

Penyebab yang terbanyak adalah akibat penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat duduk, berdiri, tidur) atau penekanan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan suplai darah di tempat yang kesemutan.

Selain itu, kesemutan juga dapat terjadi akibat frekuensi napas cepat, serangan panik (stres), dan dehidrasi (kekurangan cairan).

Apabila keluhan kesemutan tersebut dirasakan menetap untuk jangka lama, perlu digali adanya kondisi medis lain yang mendasari. Silakan klik next untuk melanjutkan.

Kaki Mudah Kesemutan

Apabila keluhan kesemutan tersebut dirasakan menetap untuk jangka lama, perlu digali adanya kondisi medis lain yang mendasari, antara lain:

  • gangguan otak atau saraf tepi: trauma, stroke, infeksi, penyempitan saraf, melakukan gerakan berulang atau getaran dalam jangka lama, tumor, dsb
  • gangguan jantung dan pembuluh darah
  • gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal
  • infeksi atau sindrom post-infeksi
  • gangguan jaringan ikat dan imunitas
  • kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  • kekurangan nutrien: vitamin B (beriberi), vitamin B5 dan B12
  • keganasan, dsb

Kolesterol yang tinggi bila dibiarkan dapat menyebabkan dinding pembluh darah menyempit akibat timbunan plak. Pembuluh darah yang menyempit ini akan menakibatkan aliran darah ke organ tidak lancar, termask ke anggota gerak seperti kaki. Jadi, kolesterol tinggi yang terdapat dalam tubuh Anda bisa jadi merupakan penyebab keluhan kesemutan yang Anda alami.

Namun tidak menutup kemungkinan terdapat faktor lain yang juga menjadi penyebab. Untuk mengetahuinya secara pasti, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis syarat agar mendapat terapi yang sesuai.

Demikian informasi seputar kaki mudah kesemutan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

29 Jun 2018, 20:37 WIB