Gigi Bungsu Tumbuh

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Sekitar seminggu ini, gusi saya terasa bengkak dan sakit. Sehingga menyebabkan saya susah makan, saya atasi dengan meminum cataflam guna meredakan rasa nyeri sehingga saya bisa makan dengan baik. Namun, ternyata nyeri tersebut disebabkan oleh gigi bungsu saya yang tumbuh. Namun saya merasakan adanya perubahan struktur gigi bawah saya akibat tumbuhnya gigi bungsu tersebut, apakah perlu saya periksakan ke dokter secara langsung guna mengetahui tentang gigi bungsu saya? Karena saya membaca di internet ada baiknya jika gigi bungsu tumbuh perlu dilakukan konsultasi dengan dokter gigi. Terimakasih banyak.

29 Jun 2018, 22:35 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gigi bungsu merupakan gigi yang tumbuh paling akhir, yaitu sekitar usia 18 tahun keatas dimana gigi yang lain sudah tumbuh. Oleh karena itu sering dijumpai kondisi dimana gigi molar tiga kekurangan ruangan, tumbuh miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali (disebut gigi impaksi). Bila gigi molar tiga tumbuh miring, ada kemungkinan menekan gigi sebelahnya atau mungkin menekan syaraf sehingga sering menimbulkan rasa sakit. Kemungkinan lainnya, rasa sakit disebabkan karena mahkota gigi tersebut sebagian masih tertutup gusi, sehingga sisa makanan menumpuk sulit dibersihkan dan menyebabkan gusi menjadi radang bahkan infeksi. Hal inilah yang mungkin sedang terjadi pada Anda.

Penggunaan obat pereda rasa nyeri tidak akan bertahan lama, Anda tetap harus berkonsultasi langsung ke dokter gigi. Selain itu besar kemungkinan perlu dilakukan pemeriksaan foto rontgen untuk mengetahui posisi gigi tersebut. Sebagian besar kasus gigi impaksi, gigi bersangkutan perlu dicabut, jika tidak, keluhan dapat timbul kembali. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

29 Jun 2018, 22:35 WIB