Menambah Berat Badan

Assalamualaikum dok, selamat pagi, saya mau bertanya : 1. saya punya keluhan berat badan, niat nya setelah lulus SMA saya mau daftar angkatan Darat, tapi berat badan saya kurang dok, tinggi saya 170cm dan berat badan saya 51kg, gimana caranya agar bisa naik dok, 2. Jika gendang telinga berlubang terus di operasi, apakah ngaruh saat tes penerimaan calon TNI/POLRI? saya sangat bercita cita untuk jadi abdi negara dok. Mohon penjelasannya.. Terima kasih.

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun30 Jun 2018, 12:41 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan seseorang tidak bertambah adalah karena asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. 

Faktor genetik atau keturunan disebutkan memberikan pengaruh terhadap metabolisme tubuh seseorang, dan secara tidak langsung mempengaruhi berat badan. Gen berperan dalam memberikan instruksi kepada tubuh untuk merespon perubahan dari sekitarnya. Namun faktor tersebut tidak berdiri sendiri dalam mempengaruhi berat badan seseorang, dan dipengaruhi oleh faktor lain seperti asupan gizi (nutrisi), aktivitas fisik, dan sebagainya. 

Yang perlu diperhatikan juga adalah adanya keluhan lain yang dirasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu, berdebar-debar, sering berkeringat, tangan gemetar, sering buang air besar. Keluhan tersebut merupakan gejala dari penyakit yang mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Kami akan menjawab pertanyaan Anda dengan menggambarkan beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan, yaitu :

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari. 
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.
  • Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.
  • Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut. 

Apabila cara di atas belum berhasil, kami menyarankan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi juga membantu untuk mengetahui makanan yang dapat meningkatkan berat badan.

Satu-satunya cara untuk menangani kerobekan gendang telinga adalah dengan operasi rekonstruksi gendang telinga yang disebut timpanoplasti. Timpanoplasti dapat dilakukan melalui liang telinga atau dengan melakukan penyayatan pada daerah belakang telinga. Sejumlah kecil jaringan dari daerah belakang telinga akan diambil untuk merekonstruksi gendang telinga tersebut.

Operasi ini bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokkan untuk memeriksakan keadaan telinga anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Cara Menaikkan Berat Badan - #250834

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Cara Menambah Tinggi Badan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Menambah Berat Badan - #250548

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Badan Mudah Gemuk

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Meningkatkan Berat Badan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk