Post Traumatic Stress Disorder

Info Penanya, pria 21 Tahun

Trauma pacsa kecelakaan ringan

01 Jul 2018, 21:00 WIB
dr. Alvin Nursalim, SpPD
dijawab oleh: dr. Alvin Nursalim, SpPD

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda, namun apakah Anda bisa memberikan informasi tambahan seperti gejala yang Anda alami secara lebih rinci?

Stress setelah kecelakaan dapat disebabkan Post Trauma Stress Disorder (PTSD). 

Individu dengan PTSD, memiliki pengalaman atau menyaksikan dengan kejadian-kejadian traumatic (mengancam jiwa atau fisik, dihadapkan pada situasi-situasi dimana seseorang tidak dapat berbuat apa-apa, situasi yang menakutkan bagi individu tersebut, bahkan situasi yang mendekati kematian). kriteria yang lain bahwa individu tersebut mengalami kejadian-kejadian yang sama terus menerus dengan berbagai persepsi seperti penglihatan, mimpi, ilusi, halusinasi, flashback. Beberapa gejala yang terjadi pada orang yang mengalami PTSD adalah sebagai berikut:

Perilaku menghindar terhadap kejadian, orang-orang, benda, atau aktifitas yang berhubungan dengan kejadian traumatik itu.Ketidakmampuan mengingat kembali kejadian tersebutSulit tidur, sulit berkonsentrasi, emosi yang meledak-ledak, sering merasa kagetDurasi lebih dari 1 bulanSemua gejala yang dialami membuat individu tidak dapat berfungsi secara normal di masyarakat dan dirinya.Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda melakukan terapi relaksasi dan terapi keluarga yang umumnya dapat dilakukan dengan baik bila dibimbing psikiater. Bila diperlukan, Anda akan diberi obat-obatan sementara untuk membantu menenangkan Anda. Semoga keluhan Anda cepat teratasi ya.

01 Jul 2018, 21:00 WIB