Benjolan di Leher

Nama saya kardi Sujonggo di surabaya ingin tanya ada benjolan di leher tp tidak keras dan tidak keluhan apa pun. Kenapa ya dokter?

Lihat Selengkapnya
pria, 45 Tahun03 Jul 2018, 10:44 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima Kasih telah bertanya tentang benjolan di leher melalui fitur Tanya dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang dialami dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroidPembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteriPembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotisBisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahanTumor lemak (lipoma)Penyebab paling sering benjolan di leher adalah pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi (misalnya saat sedang batuk pilek), benjolan ini bisa menghilang dengan sendirinya. Kami sarankan Anda membawa anak Anda untuk konsultasi ke Dokter spesialis Anak karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik. Jika sudah diperiksakan pastikan diagnosis nya apa, jika lipoma bisa diangkat, namun jika pembesaran kelenjar getah bening karen infeksi tidak perlu diangkat namun cukup diberikan obat. Jika pembesaran kelenjar tiroid maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Benjolan Di Leher

Dijawab oleh:dr. Kartika Mayasari

Benjolan di Bawah Kulit

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Benjolan di Kulit

Dijawab oleh:dr. Ellen Theodora

Benjolan di Leher

Dijawab oleh:dr. Nadia Octavia

Benjolan di Leher

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk