Tanda Keguguran

saya yuni. umur saya 26 tahun. maaf dok saya mau menanyakan kehamilan saya. terakhir saya haid tgl 17-23 april 2018 kemudian tgl 11 juni saya tp dok.. hasilnya positif padahal posisi pada saat itu saya sedang mengeluarkan flek hitam kemudian coklat terus keluar seperti darah haid lama kelamaan saya merasakan ada gumpalan darah sedikit keluar saya takut dan stress sekali pada saat itu... terus bidan menarankan saya untuk ke dokter kandungan untuk memeriksakan kandungan saya yg mengeluarkan flek darah tersebut... pada tgl 13 juni .kemudian kata dokter kandungannya kantung bayinya belum terlihat sama sekali jadi saya disarankan dua minggu untuk balik lagi dengan catatan tp kembali takutnya saya Kguguran saya diberikan obat untuk memberhentikan darah saya . pas saya balik lagi dua minggu ke dokter kandungan ternyata pas usg belum terlihat juga kantung bayinya saya hanya dikasih vitamin asam folat dan obat penguat kandungan... jadi menurut dokter bagaimana.. apakah saya sudah keguguran. padahal saya masih merasakan pusing, mual, seperti orang hamil.. apa karna masih terlalu muda kandungan saya dok?? mohon penjelasannya yah dok... terima kasih...

Lihat Selengkapnya
wanita, 26 Tahun03 Jul 2018, 06:29 WIB

dr. Andika Widyatama

Dijawab oleh:

dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Tanda Keguguran.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Keguguran atau abortus adalah kematian janin dalam kandungan yang berumur kurang dari 20 minggu. Penyebab keguguranada bermacam-macam diantaranya adalah:

  • Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)
  • Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibu
  • Penyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyakit tiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.
  • Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.
  • Kelainan hormonal
  • Dapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stres
  • Trauma/cedera pada kehamilan

Gejala yang sering timbul pada keguguran kehamilan muda adalah Perdarahan terus menerus tanpa atau disertai gumpalan daging dari janin, kram perut yang terjadi lama dan semakin memberat, kram perut. Untuk memastikan nya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter dan melalui USG melihat apakah masih ada janin di dalam rahim Anda. Bila Anda merasa khawatir, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Tanda Keguguran. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Cara Membersihkan Rahim Pasca Keguguran

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Kuret dan Keguguran

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Program Hamil Setelah Keguguran

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Menstruasi Pasca Keguguran

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Menstruasi Pasca Keguguran

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk