Memakai Gigi Palsu Setelah Dicabut

Info Penanya, wanita 16 Tahun

Assalamualaikum dok saya mau nanya gigi geraham saya bolong dan mau saya cabut kata dokter setelah di cabut di menyarankan untuk memakai gigi palsu dan katanyankalau tdk pakai gigi palsu pipi bisa menjadi kempot apakah itu benar dok

04 Jul 2018, 13:38 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Perlu diketahui bahwa gigi mempunyai kecenderungan bergerak atau bergeser ke tempat yang kosong, maka secara langsung posisi gigi-gigi tersebut akan berubah. Hal itu dapat mempengaruhi estetika tentunya.

Setelah pencabutan gigi idealnya beri jeda waktu 1 bulan agar penyembuhan tulang dan gusi sudah sempurna. Setelah itu baru bisa dicetak untuk dibuatkan gigi palsu. Atau bisa juga dibuatkan Immediate denture, yaitu suatu gigi palsu sementara yang dibuat agar selama penyembuhan, gigi pasien tidak ompong. Sekaligus untuk mencegah terjadinya penyempitan space/ruang gigi. Tapi immediate denture bentuknya tidak precise karena sifatnya sementara. 

Namun kami tetap menyarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter gigi anda agar dapat dilakukan pemeriksaan dan perawatan yang tepat sesuai kondisi gigi anda.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermanfaat.

04 Jul 2018, 13:38 WIB