Penyebab Terlambat Haid

Dok saya terakhir haid tanggal 12 mei sebelum romadon samapai tanggal 16 mei sehari sebelum bulan romadon. Tapi sampai saat ini tanggal 8 juli saya belum haid juga. Apakah saya hamil dok. ? Tapi sudah saya tespek beberapa kali bahkan tadi pagi hasil nya tetap negatif. Ini knpa ya dok saya takut ada penyakit. Soalnya saya suka merasakan keram di bagian perut bawah. Tapi saya tidak ada tanda2 kehamilan seperti muntah dll. Tapi puting saya terasa sakit

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun08 Jul 2018, 11:54 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Penyebab Terlambat Haid melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini? Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan.

Sebaiknya dicari tahu terlebih dahulu penyebab dari terlambat haid Anda. Berikut beberapa penyebab dibalik keterlambatan haid:

• Stres

Stres menyebabkan gangguan malfungsi pada hypothalamus. Hypothalamus sendiri bertanggung jawab untuk memproduksi hormon sepanjang masa menstruasi. Jika proses produksi hormon terhenti, maka telur tidak akan berkembang dan menuju dinding rahim seperti yang normal dilakukan. Alhasil, wanita jadi mengalami terlambat haid hingga lebih dari 28 atau 30 hari lamanya.

• Polycystic ovary syndrome

Seperti dilansir Livestrong, kondisi terhentinya menstruasi ini juga dikenal dengan nama Polycystic ovary syndrome. Sebuah kondisi di mana tubuh memproduksi hormon estrogen dan androgen secara berlebihan, akhirnya proses ovulasi gagal terjadi.

PCOS ini sendiri ditandai dengan terlambat haid, jerawat hormon di wajah maupun punggung, kelebihan berat badan, serta minyak berlebihan yang muncul baik di wajah maupun rambut.

• Hypothyroid

Adalah kondisi keterlambatan haid yang disebabkan kelenjar thyroid yang tidak memproduksi hormon thyroid dengan cukup. Alhasil, ia akan mengganggu siklus menstruasi wanita.

• Terlalu kurus atau olahraga berlebihan

Wanita yang terlalu kurus atau yang melakukan olahraga berlebihan cenderung memiliki siklus menstruasi yang kacau dan terlambat. Hal ini disebabkan karena tubuh terlalu lelah dan stres, serta hormon yang ada di dalam tubuh tidak seimbang.

• Efek pil kontrasepsi

Apabila Anda mengonsumsi pil kontrasepsi, secara otomatis memang kehamilan akan tertunda. Tetapi tak hanya kehamilan saja, bahkan siklus menstruasi akan tertunda sekitar 3-6 bulan lamanya setelah usai mengonsumsi pil kontrasepsi.

• Kehamilan

Salah satu tanda kehamilan adalah dengan terlambatnya haid.

Untuk memastikan penyebab periksakan diri Anda secara langsung ke Dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat diberikan terapi sesuai dengan penyebabnya. Minum obat sembarangan dapat memperparah keadaan.

Demikian informasi seputar Penyebab Terlambat Haid yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri Hari Pertama Haid atau Dysmenorrhea

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Siklus Haid Normal

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Haid Dua Kali Dalam Sebulan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Keluar Flek di Luar Siklus Haid

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Haid Saat Suntik KB

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk