Ejakulasi Di Luar Apakah Bisa Hamil

Info Penanya, pria 19 Tahun

Saya baru beberapa hari berhubungan intim dgn pasangan saya.. Nah saat melakukan itu saya bermain 2 ronde, di ronde pertama saya crot di luar ( daerah perut) stlh itu saya lap penis saya sampai kering dan saya biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu saya lanjut bermain dan saya crot kan di luar juga... Nah saya takutkan dgn pasangan saya masih ada sisa2 sperma yg menempel di penis.. Apakah hal itu bisa mengakibatkan kehamilan???

09 Jul 2018, 10:40 WIB
dr. Kartika Mayasari
dijawab oleh: dr. Kartika Mayasari

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda.

Kehamilan akan terjadi jika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Hal tersebut terjadi jika dilakukan penetrasi (memasukkan penis ke dalam liang vagina). Kemungkinan hamil meningkat jika berhubungan saat masa subur. Pada saat berhubungan seksual sebelum mengeluarkan sperma, pria akan mengeluarkan cairan pra ejakulasi. Cairan pra ejakulasi memang tidak mengandung sperma. Namun, dapat membawa sperma yang tertinggal di sepanjang saluran pengeluaran ejakulat.

Mengeluarkan sperma di luar vagina tidak menyebabkan kehamilan. Namun jika ada setetes mani yang sempat masuk ke dalam vagina sebelum penis ditarik keluar, hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan jika sperma berhasil membuahi sel telur. 

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam

09 Jul 2018, 10:40 WIB