Cara Mengatasi Buta Warna

Info Penanya, pria 18 Tahun

Pa/Bu dokter... Saya menderita buta warna, Saya melihat berbagai macam web/blog ada yang menawarkan terapi buta warna ataupun ada cara untuk menerapi buta warna seperti terapi lilin, jadi kita membaca buku ishihara ditempat yang gelap dan hanya dengan penerangan lilin saja. Terapi itu belum saya lakukan... Saya sudah tes kesehatan baik untuk perusahaan, akademi, pembuatan SIM dll, tapi saya selalu gagal di tes ishihara. Mohon bantuannya dok, adakah cara untuk meminimalisir buta warna tersebut.?

09 Jul 2018, 10:51 WIB
dr. Kartika Mayasari
dijawab oleh: dr. Kartika Mayasari

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas kami akan membahas mengenai buta warna. Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis. Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut. Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Buta warna juga dapat disebabkan akibat penyakit seperti glaukoma, katarak, diabetes, sklerosis dan efek samping obat-obatan seperti pil kontrasepsi dan anti peradangan.

Untuk buta warna yang disebabkan kelainan genetik tidak ada terapinya. Sedangkan untuk buta warna yang disebabkan karena penyakit atau obat-obatan, apabila pencetus disembuhkan atau dihilangkan maka mata dapat kembali normal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

Salam

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

09 Jul 2018, 10:51 WIB