Gatal Setelah Mencukur Bulu Ketiak

Dok saya mau tanya... Ketiak saya hitam, agak bau dan banyak bulu ketiaknya sebisa mungkin saya mencari deodorant yang bikin saya nyaman dan tdk berbau dan mulai smp saya pake yg ada diiklan seperti salep teksturnya tapi bikin kuning dibaju akhirnya sy ganti lg wktu SMA pake yg deodorant semprot sampe kuliah dan bulu ketiak sy cepet bgt panjangnya dan sy berpikir apa penyebab bau nya ini dr bulu ketiaknya atau dr keringet sy sehingga sy suka mencabut pake pingset bulu ketiaknya atau pake fe*t, nah setelah itu sy menemukn yg bener2 ampuh utk ngilangin bau badan sy pke yg antiseptik alhamdulilah udh ga bau. Lalu saya membersihkan ketiak sy dengn fe*t tetapi knp ketiak sy malah kaya gatel2 terus agak lecet dan banyak bintik2 gt. Kenapa ya dok? Sy udh coba pake bedak, minyak kelapa, sama salep tp tdk mempan Terimakasih dok

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun09 Jul 2018, 09:57 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat binik/benjolan disekitar folikel rambut yang telah dicukur?

Jika tidak, maka kemungkinan gatal yang anda alami merupakan hal yang normal terjadi, akibat pertumbuhan rambut baru setelah dicukur. Tidak ada penanganan khusus untuk hal ini, namun sebaiknya jangan digaruk untuk menghindari terjadinya luka dan mencegah infeksi.

Sedangkan bila ada, Bintik merah yang timbul setelah mencukur bisa jadi merupakan Pseudofolliculitis, yang berupa iritasi pada folikel rambut yang tercukur. Hal ini dapat terjadi karena sisa folikel rambut di bawah kulit "masuk/tumbuh" di bawah kulit, dimana kemudian terjadi proses peradangan.

Untuk mencegahnya, Anda dapat menerapkan hal berikut:

  • Sebelum mencukur, lembabkan kulit anda dengan air dan sabun yang lembut (seperti sabun bayi) agar pori-pori terbuka
  • Gunakan gel khusus untuk mencukur
  • Cukurlah bulu searah dengan arah tumbuh nya bulu. Hindari meregangkan kulit ketika mencukur. Setelahnya, basuh kulit dengan air dingin
  • Anda juga bisa menggunakan alat cukur elektrik jika nyaman digunakan
  • Setelah bercukur, gunakan pelembab pada kulit tersebut
  • Pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur/ menggunting rambut kemaluan (paling baik pisau cukur sekali pakai), berhati-hati dalam melakukan proses pencukuran, bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur, serta gunakan antiseptik/ krim antibiotik bila terdapat luka. Pada kasus yang berat, mungkin dibutuhkan pengobatan dengan krim antibiotik atau hidrokortison atas resep dokter.

Namun tentunya agar penyebab yang tepat dapat diketahui, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan terapi yang optimal.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda. Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Jerawat Di Kemaluan

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Benjolan Pada Ketiak

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Benjolan di Ketiak Setelah Cabut Bulu Ketiak

Dijawab oleh:dr. Anita Amalia Sari

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk