Test Pack Samar Berubah Menjadi Negatif

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Dok mau nanya HPHT 24 Mei 2018 dan saya TP tanggal 25 juni 2018 hasil samar, TP tanggal 26-27 juga samar, lalu pas tanggal 28 Juni saya perdarahan keluar gumpalan kecil lalu saya usg ternyata masih ada kantung 4 week.. Diberi penguat utrogestan namun seminggu kemudian kontrol dr kandungan ragu dan diberi lagi penguat dan disuruh untuk testpeck besok pagi.. Namun hasil test negatif apakah saya hamil atau tidak?

10 Jul 2018, 12:58 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Tes pack mendeteksi kehamilan adalah melalui kadar hormon hCG (hormon chorionic gonadotropin) di urin yang dihasilkan oleh placenta bila terjadi kehamilan. Tingkat akurasi dari pemeriksaan tes pack adalah sekitar 95% terutama 2-3 minggu setelah terjadinya pembuahan. Kemungkinan tes pack memberikan hasil positif palsu (hasil positif namun tidak hamil) antara lain:

  • Alat tes pack sudah rusak/ cacat.
  • Janin tidak berkembang (blighted ovum).
  • Sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Sedang mengkonsumsi obat penyubur kandungan.
  • Terlalu lama membaca hasil tes. Tes pack sebaiknya dibaca paling lama 3 menit setelah dicelupkan.
  • Adanya tumor yang menghasilkan hormon hCG namun ini sangat jarang terjadi. Dan seharusnya dipemeriksaan berikutnya tetap positif, bukan menjadi negatif.

Untuk memastikannya Anda dapat melakukan pemeriksaan tes pack ulang sekitar 3 hari kemudian. Jika setelah 3 hari hasil tetap negatif dan tidak ada gejala kehamilan seperti mual, muntah, maka kemungkinan besar Anda tidak hamil. Namun jika Anda memeiliki keluhan tersebut, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter kandungan untuk mendapatkan pelayanan lebih baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

10 Jul 2018, 12:58 WIB