Bentol di Penis

Info Penanya, pria 20 Tahun

Malam dok, saya mau bertanya. Sudah 1 bulan ini saya suka berhubungan sex, awalnya saya menggunakan kondom, tetapi setelah saya tidak menggunakan kondom lagi tiba-tiba selang 1-3 minggu keluar bentol 2 yang amat gatal di daerah batang mr.p. Awalnya saya biasa saja, mungkin ini karena di gigit semut, tetapi selang beberapa hari gatal itu menimbulkan bintik-bintik di daerah bentol tersebut dan berawarna merah, lalu saya mencari-cari mengapa ini bisa terjadi dan bagaimana solusinya? ternyata saya tidak menemukkannya. Lalu karena sudah putus asa saya biarkan saja, hingga pada akhirnya saya berhubungan sex lagi lalu keesokan harinya muncul lagi bentolan di bagian kepala mr.p dan keluar nanah di bagian batang yang lalu itu, dan saat itu juga saya mencari-cari cara agar tidak bisa sembuh. Pada akhirnya saya menemukkan caranya tetapi tidak menyembuhkan hanya meredakan gatal saja dengan mengompres mr.p dengan air biasa dan mengganti cd 2x sehari. Namun gatal itu selalu saja muncul dan itu sangat mengganggu saya dalam beraktivitas. Saya belum konsultasi kepada dokter masalah hal ini di karenakan saya tidak memiliki banyak uang untuk berkonsultasi yang membuat saya harus mencari-cari obatnya di internet saja. Yang saya ingin tanyakan dok, ini bagaimana solusinya? dan apakah ada obatnya yang di jual di apotik umum?

12 Jul 2018, 07:51 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terimakasih telahbertanya mengenai bentol di batang penis melalui fitur Tanya Dokter.

Bentol di batang penis dapat disebabkan oleh infeksi biasa, infeksi menular seksual, alergi, kista, hingga penyakit autoimun.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Hirsutis corona glandis (pearly penile papules). Bintik-bintik berbentuk kubah atau runcing dengan diameter kurang dari 0,5 cm, Dapat sewarna kulit atau tampak keputihan dan biasanya berada di kepala penis. Bintik-bintik ini tidak ditularkan melalui hubungan seksual, serta tidak berbahaya.
  • Moluskum kontagiosum, adalah infeksi virus pada kulit berbentuk bulat, berbatas tegas, yang dapat gatal dan meradang. Di bagian tengahnya terdapat bintik putih yang ketika dikeluarkan konsistensinya seperti nasi.
  • Infeksi kutu kelamin. Ini paling sering terjadi pada remaja, dapat menimbulkan gatal, kemerahan, dan rasa panas/perih di kemaluan.
  • Herpes genitalis akibat infeksi virus Herpes Simpleks. Biasanya berupa bintil berisi cairan jernih atau nanah, yang berkelompok. Kulit di dasarnya berwarna kemerahan dan bisa terdapat nyeri.
  • Skabies. Disebabkan oleh tungau kecil yang menyebabkan gatal, terutama di malam hari.
  • Infeksi jamur. Biasanya ruam kemerahan disertai rasa gatal dan kulit bersisik.
  • Kista yang terbentuk akibat folikel rambut kemaluan tertutup.
  • Kutil kelamin.
  • Keratosis pilaris. Bintik-bintik ini mirip dengan jerawat dan biasanya akibat terlalu banyak keratin, sebuah protein kulit yang menutupi folikel rambut.
  • Folikulitis. Yaitu infeksi folikel rambut.

Penyebab-penyebab ini tidak ada hubungannya dengan riwayat masturbasi yang Anda lakukan.

Untuk mengobatinya, tentu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Karena keterbatasan informasi dan tidak dapat melihat langsung kondisi Anda, kami anjurkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin. Pada kelainan kulit, pemeriksaan langsung dengan mata sangat penting untuk menentukan diagnosis yang tepat. Ini perlu agar penanganannya juga tepat.

Kami sertakan pula bahan bacaan yang dapat bermanfaat bagi Anda: 9 Penyebab Bintik pada Penis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar bentol di batang penis. Semoga bermanfaat.

12 Jul 2018, 07:51 WIB