Siklus Haid Selalu Mundur

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Hay dok,, saya mw tanya,, siklus haid saya sllu mundur dok 3. Hri keblkang,, menurut dokter itu normal ap g dok.. Krn stiap bulanya g pernah sama tgl haid saya dok. Misal bulan 4 sya haid tgl 26 bulan 5 awal haid saya tgl 30 dan bulan 6 ini awal haid saya malah jd awal bulan juli tgl 3 dok.. Itu normal apa g dok.. Soalna sya jdi bingung mw mnghitung masa sbur saya dok.. Saya pngen cepet pnya momongan dok.. Mhon bantuan y dok.. Saya tkud soalna dgn haid saya yg sllu mundur dan g teratur dok.. Dtunggu jwbn y y dok, trimahksih

12 Jul 2018, 10:43 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima Kasih telah bertanya mengenai siklus haid selalu mundur melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari, jadi siklus menstruasi yang maju atau mundur sampai 1 minggu masih masuk dalam batas normal. Namun, aspek fisiologi menstruasi yang normal juga mencakup lama setiap kali menstruasi dan jumlah darah yang keluar tiap harinya: 2 - 8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang normal, dengan jumlah 20 - 60 ml per hari (2 - 4 pembalut).

Menstruasi yang tidak teratur dapat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan serta kondisi stress baik psikis maupun fisik. Karena itu Anda perlu memperhatikan makanan sehari-hari Anda, sebaiknya teratur frekuensinya, dalam jumlah yang cukup, dengan nutrisi yang seimbang. Bila perlu, Anda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Selain itu, Anda juga sebaiknya mencoba mengurangi stress psikis maupun fisik (seperti berolahraga yang terlalu berat). Apabila ketidakteraturan siklus haid ini mengganggu Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Agar dapat dilakukan pemeriksaan dan diketahui penyebabnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.Salam,

12 Jul 2018, 10:43 WIB