Testpack Positif Belum Tampak Kantung Janin

Info Penanya, pria 26 Tahun

Siang Dokter, saya ingin menanyakan .. seperti halnya yag diatas .. saya sudah telat haid 4 hri dan di testpack 2 kali 2 garis tebal . tetapi saya ke doketr untuk usg kata dokter belum terlihat ada kantung janin .. dlm kasus ini apa saya hamil atau tdk dok ?? karena sebelumnya pada kehamilan saya yg sebelumnya saya telat 5 hri sudah terlihat .. mohon infonya dokter .. terima kasih.

12 Jul 2018, 10:43 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang testpack positif dan belum tampak kantung janin melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda, namun ada beberapa hal yang kami perlu tanyakan agar dapat menjawab pertanyaan Anda secara spesifik. Apakah Anda sudah dinyatakan hamil oleh dokter? Apakah usia kehamilan 9 minggu merupakan diagnosa dokter atau hasil perhitungan Anda? Kapan hari pertama haid terakhir (HPHT) Anda?

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, testpack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan). Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan hasil garis yang semu muncul akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada.

Sedangkan beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

1. Hamil kimia Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.

2. Waktu pemeriksaan Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan akan membuat tes menjadi positif,misalnya: terlalu lama.

3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:

Pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan dietObat diuretik dan obat anti ParkinsonBahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urinVitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes4. selain itu Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopik) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.

Tidak terlihatnya kantung kehamilan pada pemeriksaan USG dipengaruhi berbagai macam hal. bisa jadi saat ini, mungkin saja hasil USG belum bisa terdeteksi karena kantung gestasinya masih terlalu kecil. Umumnya kantung kehamilan tersebut sudah terlihat dari pemeriksaan USG pada usia gestasi 4-6 minggu. Bila belum terlihat, memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan ulang sesuai diagnosa dan rencana perawatan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

12 Jul 2018, 10:43 WIB