Suka Berbohong

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok saya mau bertanya msalah temen saya. dia perempuan umurnya sama dengan saya. Dia punya kelakuan aneh..yg bikin jengkel org2 sekitar di sosial media dia kerap pakai foto org lain, dan dia akui sbg foto dia sendiri. Contoh kasusnya, waktu itu dia upload foto perempuan di pinggir pantai, org2 yg komentar percaya kalau itu foto dia asli, setelah saya cari di internet, ternyata foto itu bukan foto dia (dia nyomot dari internet). itu bkn sekali dua kali, tp udh sering.. kadang dia marah2 karena teman2nya gapercaya dia adalah seorang musisi (dia ngakunya musisi jazz), padahal blum pernah ada yg lihat dia manggung/tampil dalam suatu acara musik, dia main musik pun gaada yg tahu/lihat.. apa itu ada semacam penyakitnya dok? Penyakit psikologis atau apa? Atau mungkin tanda2 dia kena depresi?

16 Jul 2018, 10:32 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Suka Berbohong melalui fitur Tanya Dokter

Salah satu kemungkinannya, teman Anda mangalami mythomania. Mythomania merupakan gangguan kejiwaan, yang ditandai dengan suka berbohong. Umumnya, penderita tidak bisa mengendalikan kondisi yang dialaminya. Dengan kata lain, kebiasaan berbohong tersebut sulit dihentikan, sekalipun penderitanya ingin menghentikannya.

Di samping itu, penderita mythomania juga kerap melakukan kebohongan tanpa alasan dan tujuan yang jelas. Alhasil, orang yang mengalami kondisi ini tidak memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, kekasih, ataupun teman.

Penyakit yang juga dikenal dengan nama Pseudologia Fantastica ini diduga akibat kelainan otak bagian korteks prefrontal, yang merupakan area otak untuk pengambilan keputusan dan tingkah laku. Terkait hal ini, belum diketahui pasti kelainan seperti apa yang terjadi.

Berita baiknya, mythomania bisa disembuhkan. Terapi utamanya bukanlah obat-obatan, melainkan psikoterapi atau terapi oleh psikolog/ psikiater untuk membantu seseorang memahami dan mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Umumnya, penderita membutuhkan waktu hampir satu tahun untuk benar-benar sembuh dari penyakit ini. Anda dapat membawa atau menganjurkan teman Anda ke psikolog atau psikiater terdekat.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Suka Berbohong. Semoga bermanfaat.

16 Jul 2018, 10:32 WIB