Mata Kuning

Dok,saya mau bertanya, mata saya kenapa kuning ya? yang kotor sebenarnya bola matanya tetapi bagian putih mata menjadi ikut kotor dong,cara menyembuhkannya gimana ya?

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun17 Jul 2018, 10:11 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter seputar mata kuning. 

Penyebab dari mata kuning biasanya dikarenakan oleh peningkatan kadar bilirubin dalam darah. Bilirubin adalah suatu produk tubuh yang berwarna kuning, inilah yang menyebabkan mata Anda bisa terlihat kuning.

Peningkatan bilirubin bisa karena macam-macam hal, tetapi biasanya karena penyakit yang berhubungan dengan liver/hati. Bisa berupa infeksi dari liver yang disebut juga hepatitis. Apakah Anda mengalami gejala lain selain mata Anda?

Hepatitis adalah penyakit gangguan fungsi hati yang disebabkan karena virus Hepatitis. Virus Hepatitis yang paling banyak menyerang manusia adalah virus Hepatitis A, B, dan C. Gejala pun dapat bermacam-macam tergantung jenis gangguan hati yang dialami. Gejala hepatitis pada umumnya adalah:

DemamPerut begahMata kuningBAK seperti warna air tehMual/muntahbadan lemas/cepat lelahNyeri di daerah ulu hatiPerubahan pada buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK)Jenis pengobatan yang akan dilakukan tergantung kepada jenis gangguan hati yang diderita. Salah satu cara untuk melihat fungsi hati adalah dengan pemeriksaan lab SGOT dan SGPT. Untuk mengetahui jenis virus hepatitis dibutuhkan pemeriksaan antibodi terhadap virus tersebut. SGOT dan SGPT merupakan enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan.

Hepatitis A ditularkan melalui makanan. Seseorang akan menderita hepatitis A jika makan makanan yang tercemar oleh virus tersebut. Sementara hepatitis B dan C ditularkan melalui darah dan cairan tubuh. Penularan hepatitis B dan C dapat terjadi melalui transfusi darah, hubungan seksual, dan jarum suntik atau benda-benda yang mengandung komponen darah dan cairan tubuh penderita. Jika tidak diobati, hepatitis B dan C dapat menyebabkan sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati di kemudian hari.
Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Eye Floaters, Bagimana Mengatasinya?

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Menghilangkan Tahi Lalat

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Titik Hitam Di Mata

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Mata Terkena Getah Tanaman

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Mata Bengkak dan Penglihatan Kabur

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk