Tentang Masa Subur

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Malam Dok, saya mau tanya, saya selesai haid tgl 25 bulan juni, lalu tanggal 2 juli sya berhubungan, tanggal 15 kemarin saya iseng tespek, ternyata hasilnya positif! Terkejut saya, ko belum terlambat haid tapi sudah positif, sampai suami sya curiga sudah hamil duluan, tadi saya cek ke bidan di usg, ternyata positif hamil, dan usia kehamilan nya 5 minggu! Sya masih gk percaya, gimana solusi nya dan apa sebenarnya yg saya alami bisa sampai seperti ini? Karna sya benar" gk berhubungan selain sebelum tgl 2 itu! Trimakasih

18 Jul 2018, 08:28 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terimakasih telah bertanya seputar Masa Subur melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Perhitungan masa subur adalah 14 hari +/- 2 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya. Anda dapat menyertakan siklus menstruasi Anda (6 siklus terakhir atau paling tidak 3 siklus terakhir) agar dapat dilakukan perhitungan rata-rata masa subur.

Namun, perhitungan masa subur hanya dapat efektif atau akurat apabila siklus menstruasi seorang wanita tergolong normal (21-35 hari, @3-7 hari, @20-60 ml). Apabila siklus menstruasi tidak berlangsung teratur, maka perhitungan masa subur ini tidak akan akurat.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Namun, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya pembuahan saat bukan masa subur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Masa Subur. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

18 Jul 2018, 08:28 WIB