Cara Penularan HIV

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Dok sy seorang bidan,, sy ingin bertanya,, kmrn sy dpt pasien yg b20 lalu yg lakukan pemeriksaan dlm dgn memakai handscoen 1 lapis,, lalu sy Ada luka kering dtelapak tangam tertutup handscoen,, apakh virus HIV bsa menembus handscoen?? Trmaksh

18 Jul 2018, 11:33 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar cara penularan HIV menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan anus, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (seksual), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Seharusnya luka kering yang ada ditelapak tangan Anda dan sudah menggunakan handscoon tidak dapat tertular.Jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa penderita dengan membran mukosa bukan penderita, maka tidak dapat terjadi penularan. Menghindari penularan dengan penderita HIV adalah juga dengan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, cairan anus, ASI). Namun jika Anda ragu silahkan memeriksakan diri ke Rumah Sakit terdekat.

Demikian informasi seputar cara penularan HIV yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

18 Jul 2018, 11:33 WIB