Kesemutan dan gemetar

Info Penanya, pria 23 Tahun

saya sering tangan atau kaki saya sring kesemutan dan kram kemudian tangan saya sering tiba2 gemetar kira2 kenapa yah?

18 Jul 2018, 09:05 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

 

Untuk mencari tahu kemungkinan penyebab dari keluhan Anda dibutuhkan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Perlu diketahui, sejak kapan keluhan Anda berlangsung? Apakah sering terjadi? Apakah keluhan tersebut timbul pada kedua tangan/kaki atau hanya hanya sebelah? Kapan saja keluhan muncul? Adakah pemicu munculnya keluhan tersebut? Adakah gejala lain yang dirasakan? Adakah riwayat penyakit sebelumnya?

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri anda, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)

  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb 

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

  • gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, penekanan pada saraf akibat posisi, dsb
  • gangguan jantung dan pembuluh darah
  • gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
  • infeksi dan sindrom post-infeksi
  • gangguan jaringan ikat dan imunitas
  • kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  • kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
  • keganasan/tumor otak
  • dsb

Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Namun kami sarankan Anda menemui dokter spesialis saraf agar dapat ditelusuri lebih lanjut penyebabnya disertai penanganan optimal.

Keluhan gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglycemia, hipokalemia, dan banyak lagi.

Kelainan psikis seperti gugup, stres.

Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda. 

 

Untuk sementara ada beberapa tindakan yang Anda dapat lakukan seperti kurangi minum kopi, tidak mengkonsumsi alkohol, perbanyak istirahatkan tangan kaki bila sudah tremor, dan mengkonsumsi vitamin untuk saraf seperti vitamin B 12, B 6.

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf untuk menegakkan diagnosis dan terapi lebih lanjut. selain anamnesis dan pemeriksaan fisik diperlukan juga pemeriksaan penunjang seperti laboratorium untuk menegakkan diagnosis.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

18 Jul 2018, 09:05 WIB