Gigi Kuning Dan Bau Mulut

Info Penanya, wanita 16 Tahun

Halo dok, saya mau tanya. Gigi saya tampak kuning dan memliki bau mulut padahal saya sdh rajin gosok gigi. Solusi nya gmn ya dok? Trimakasih

21 Jul 2018, 10:16 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gigi yang kuning dapat disebabkan oleh 2 faktor. Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan merokok dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi. Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda.

Sedangkan bau mulut (halitosis) dapat terjadi akibat beberapa faktor, oleh karena itu kita harus menghilangkan penyebabnya satu persatu untuk menemukan sumbernya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan :

*Bagaimana keadaan kesehatan rongga mulut anda. 

1. Apakah anda melakukan cek gigi rutin ke dokter gigi  minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihan karang gigi? Karena karang gigi (calculus) tidak dapat hilang hanya dengan menyikat gigi biasa dan apabila menumpuk dapat menyebabkan radang gusi (gingivitis) dan gusi berdarah sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Apakah terdapat gigi berlubang yang tidak ditambal dan kemasukan makanan sehingga menimbulkan bau mulut?

3. Apakah terdapat sisa akar gigi atau sisa gigi yang menampung sisa makanan yang membusuk sehingga menyebabkan bau mulut?

4. Apakah anda menggunakan gigi palsu yang terlalu cekat? Karena gigi palsu yang terlalu cekat bisa membuat sisa makanan masuk dan nyangkut di sela-sela gigi palsu sehingga menimbulkan bau mulut.

5. Apakah anda sering merasa mulut anda kering (xerostomia)? Xerostomia bisa merupakan efek samping dari suatu terapi, kelainan kelenjar ludah ataupun kebiasaan bernafas lewat mulut. Karena air ludah (saliva) berfungsi untuk membasahi dan menetralisir zat asam yang diproduksi oleh plak juga membuang sel-sel rusak dalam rongga mulut yang jika menumpuk dapat menyebabkan bau mulut. Obat kumur yang mengandung alcohol juga bisa menyebabkan mulut kering.

Segera periksakan ke dokter gigi jika masih terdapat faktor lokal diatas. Jika faktor lokal diatas sudah diatasi namun masih terdapat bau mulut, kita dapat mencurigai ke faktor sistemik. Terdapat beberapa penyakit sistemik yang dapat menyebabkan bau mulut, misalnya Penyakit saluran pernafasan.

Untuk itu kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dapat mengevaluasi dan mendapatkan hubungan antara bau mulut dengan penyakit sistemik sehingga didapatkan diagnosa yang tepat.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

21 Jul 2018, 10:16 WIB