Tidak Sengaja Minum Obat TBC Merah

ass..dok saya mau tanya kan dede skrng lg jalani prawatan tb niih udh 3bln mnum obat yang merah trus skrg digantii jdi yang warna kuning tpi ttep merah jga isinya tuh baru minggu kmriin ada llah 11hariian baru minum obat yq kuning tuuh eh tadi pagii ayhnya salah kasiih malah obat tb yq merah yq udh slsai itu yq skrng pakai yq kuning.. gmna tuuh ya dok saya mesti kasih lgii apa udh gpp ? Harusnya yq kuning dia gak tau kalo obatnya udh ganti .. gmna solusinya ya kasih lg atau udh gpp

Lihat Selengkapnya
pria, 3 Tahun21 Jul 2018, 10:27 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Pengobatan TBC terdiri dari 2 fase. Pada fase intesif, pengobatan dengan obat merah yang dikonsumsi selama 2 bulan diikuti dengan fase lanjutan dengan obat kuning selama 4 bulan. Obat TBC merah mengandung INH, Pirazinamid, Ethambutol dan Rifampisin sedangkan obat TBC kuning mengandung INH dan Rifampisin. Anda tidak perlu khawatir jika anda tidak sengaja terminum obat TB merah pada fase lanjutan, namun jika terjadi efek samping seperti mual, muntah, kulit dan mata menjadi kuning yang biasanya diakibatkan oleh obat TBC merah, segera bawa adik anda ke dokter agar dapat ditangani lebih lanjut.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk