Benjolan di Mata

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dr saya mempunyai satu benjolan di kelopak mata sebalah kiri awalnya, setelah itu muncul lagi benjolan di kantong mata saya sebelah kanan. Setelah satu minggu benjolan tidak hilang, saya berobat ke dr umum, saya di kasih obat penghilang rasa sakit, dan antibiotik, tetapi tidak ada perubahan sama sekali, stelah 2 minggu saya memutuskan untuk berobat ke rmh sakit mata, dr. Spesialis mata mengatakan bahwa ini adalah bintitan, dan memberikan saya obat tetes mata, salap, dan obat minum doxycycline. Dan menyarankan saya untuk mengompres mata saya dengan air hangat 3 kali sehari. Setelah satu minggu, benjolan di mata sebelah kanan saya di bagian bawah membesar, dan Mata sebelah kiri saya yang awalnya satu benjolan sekarang tumbuh lagi benjolan di kelopak mata saya, jadi di sebelah kiri saya ada 2 benjolan. Kenapa bisa begini dr? Saya merasa benjolan makin membesar karena keseringan mengompres air hangat seperti di anjurkan. Atau sakit apakah saya? Karena saya khawatir karena benjolan makin membesar dan tumbuh benjolan baru lagi.

23 Jul 2018, 10:42 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan pada mata menggunakan fitur Tanya Dokter.

Benjolan dimata dapat merupakan berbagai kelainan seperti bintittan/hordeolum, peradangan kalazion atau lainnya. Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Jika benjolan tersebut adalah benar bintitan, maka dapat dilakukan eksisi (sayatan) untuk dapat mengeluarkan isi dari benjolan, jika benjolannya besar. Namun jika sifatnya kronis dan sudah lebih dari 4 bulan, maka perlu ditelusuri lebih lanjut. Jangan jangan benjolan tersebut bukan bintitan biasa.

Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi adalah:

  • Hordeolum atau chalazion (dalam bahasa awam sering disebut dengan "bintitan")
  • Xanthelasma (benjolan yang berupa kumpulan lemak pada kelopak mata)
  • Kista epidermal (merupakan kista kecil yang timbul seringkali karena trauma/gesekan)
  • Kista sebasea (merupakan kista yang sering timbul pada daerah kelopak mata atau daerah alis yang berambut karena sumbatan kelenjar sebasea atau kelenjar lainnya)
  • Milia (benjolan kecil-kecil karena sumbatan pada saluran rambut-rambut halus)
  • Kista sudorifera (merupakan kista kecil di daerah kelopak mata yang disebabkan karena sumbatan kelenjar keringat)
  • Papiloma (pertumbuhan benjolan jinak yang sering terjadi di daerah mata)
  • Nevus (dalam bahasa awam sering disebut dengan "tahi lalat")

Untuk mendapatkan diagnosis yang pasti dan penanganan yang sesuai, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter speasialis mata agar dilakukan pemeriksaan langsung dan Anda mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Demikian informasi tentang benjolan pada mata yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Tim redaksi KlikDokter

23 Jul 2018, 10:42 WIB