Benjolan di Pergelangan Tangan

Info Penanya, wanita 51 Tahun

Dok saya ibu berumur 50 tahun, terdapat benjolan kecil dipergelangan tangan kiri saya. sebelumnya kista ini diantara sendi jari saya lalu setelah berapa lama kista itu berpindah dan setelah saya cari tau itu merupkan Kista Ganglion. tetapi dari yang saya baca kista ganglion biasanya terjadi pada umur 14-40 tahun. Jd pertanyaannya apakah wajar bila diumur 50 tahun terjadi pada saya? dan apa ada pengobatan secara alami?

23 Jul 2018, 12:13 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Benjolan di Pergelangan Tangan melalui fitur Tanya Dokter

Sangat sulit untuk mendiagnosa suatu benjolan tanpa keterangan yang lengkap, seperti: Berapa ukuran benjolan tersebut? Bagaimana konsistensinya (lunak atau keras)? Apakah dapat digerakkan? Warnanya? Apakah semakin membesar? Apakah terasa nyeri? Bagaimana permukaannya? Letaknya secara detil? Dan terlebih penting, untuk mendiagnosa sebuah benjolan diperlukan pemeriksaan fisik yang jelas. Hal ini disebabkan karena ada banyak penyakit yang dapat menyebabkan benjolan.

Benjolan yang sifatnya jinak biasanya lebih tenang, tidak cepat membesar; dapat digerakkan; teraba lunak; tidak menimbulkan rasa nyeri; permukaan benjolan teraba berbenjol-benjol. Sedangkan benjolan yang lebih berbahaya, memiliki kecurigaan ganas, biasanya bersifat lebih agresif, lebih cepat membesar; sulit untuk digerakkan; teraba keras; terasa nyeri; permukaan benjolan teraba halus/rata.

Untuk itu, mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, sulit bagi kami untuk menentukan benjolan apa pada leher Anda.Bila memang benjolan tersebut semakin bertambah besar dan mengganggu, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik yang mendetil. Pengambilan keputusan akan penanganan yang tepat baru dapat dilakukan jika diagnosis telah ditegakkan. Bila memang hasil diagnosa dokter adalah kista ganglion, gangguan kesehatan ini biasanya muncul pada usia 20-60 tahun. Selain itu, wanita diketahui lebih banyak mengalami gangguan kista ganglion.

Untuk alasan estetika, ada beberapa cara untuk menghilangkan kista tersebut, yaitu dengan cara:

  • Operasi bedah dengan menyayat langsung kulit diatasnya lalu mengeluarkan kista tersebut. Kekambuhan kista dapat dicegah dengan tidak menggerakkan sendi tempat kista tersebut berada selama 1-2 minggu.
  • Aspirasi (penyedotan). Namun cara ini mempunyai angka kekambuhan sebesar 50%.
  • Arthroskopi. Teknik dilakukan dengan memasukkan alat seperti teropong kecil pada sendi untuk melihat keseluruhan kista, lalu kemudian mengangkatnya. Setelah dilakukan teknik ini, pasien bebas menggerakkan sendi.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Benjolan di Pergelangan Tangan. Semoga bermanfaat

23 Jul 2018, 12:13 WIB