Pertanyaan - #254431

Info Penanya, pria 45 Tahun

Selamat Pagi Dokter, Dok, sy mempunyai kolesterol (trigiserid) 300, profesi sy berhubungan dengan orang bnyk dibidang konstruksi, terbiasa dengan komplainan dan keluhan. Yang ingin saya tanyakan, terkadang sy nervous berhadapan dengan orang (face 2 face) padahal kondisi baik2 saja, kenal sama orangnya, tidak ada permasalahan. Apakah ada yang salah dengan kondisi fisik atau mental? Kl berhadapan dengan audiens bnyk sy anggap wajar dok. Trus apakah ada hubungannya dengan tinggi kolesterol wkt kita berhadapan dengan orang itu? Krn sy rasakan terkadang supply udara ke otak terasa kurang. Bagaimana solusinya dok? Terima kasih

24 Jul 2018, 09:05 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terima kasih sudah bertanya melalui fitur Tanya Dokter kami,

Apakah kondisi perasaan seperti ini masih bisa Anda atasi atau sampai mengganggu keseharian Anda? Perasaan tidak tenteram karena khawatir atau takut disebut sebagai kecemasan atau anxiety disorder. Bila kecemasan berlarut-larut dan terus dirasakan, bahkan setelah tidak ada lagi yang perlu dicemaskan, hal itu bisa menjadi gangguan. Gangguan kecemasan sendiri dapat menjadi awal suatu kondisi yang serius apabila rasa khawatir dan takut timbul secara konstan.

Berikut adalah gejala-gejala umum Gangguan Kecemasan yang perlu Anda ketahui  seperti perasaan panik, takut, dan gelisah, susah tidur, tangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat, sesak napas, jantung berdebar-debar, ketidakmampuan untuk diam dan tenang, mulut kering, mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki, mual, otot tegang, dan pusing.

Apabila memang salah satu gejala di atas ada pada Anda, saat ini kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut. Keluhan kecemasan ini tidak berhubungan dengan kadar kolesterol yang tinggi pada Anda. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda.

Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan

Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya

Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut

Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya

Salam,

24 Jul 2018, 09:05 WIB