Perdarahan Setelah Lepas IUD

Info Penanya, pria 28 Tahun

Dokter selama 4 tahun saya kb iud, dan haid saya lancar, pada tgl 28 mei kmrin saya menstruasi, pada tgl 26 juni lalu saya lepas iud, dan minum obat anti pendarahan, tgl 30 nya keluar seperti darah, tapi hanya sedikit dan flek selama 2hari,saya masih mengkonsumsi anti pendarahan saat itu, dan sampai sekarang saya tidak menstruasi, pertanyaan saya apakah anti pendarahan dapat menggangu haid? Mungkin tidak kalau saya hamil?

24 Jul 2018, 12:30 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami tidak dapat memastikan penyebab keluarnya darah setelah pelepasan IUD, apakah karena perlukaan saat pelepasan atau memang darah yang keluar adalah darah menstruasi.

Namun, bila memang terdapat penyulit saat proses pelepasan IUD tsb, maka terdpat kemungkinan arah penyebabnya dalah perlukaan organ reprduksi akibat pelepasan tsb. Namun, uumumnya  kondisi ini tidak mengacu pada kondisi yang berbahaya.

Yang anda perlukan adalah segera kontrol kembali bila memang jumlah darah tidak berkurang atau disertai keluhan lain, misalnya nyeri perut, lemas, pingsan dsb.

Bila darah mulai berkurang, maka bersabarlah hingga proses penyembuhan organ reproduksi yang terluka selesai. Tetap cukupi kebutuhan nutrisi harian anda, dan banyaklah beristirahat.

Demikian, semoga membantu.

24 Jul 2018, 12:30 WIB