Berhubungan Intim Sebelum Suntik KB

Info Penanya, wanita 28 Tahun

Assalamualaikum dok... Tolong dibantu jwb ya dok... Begini dok,kmaren tgl 5 juni saya kn melahirkan trus nifas sampe tgl 10 juli,setelah itu keluar darah putih sampai 3 hari kemudian keluar darah lgi sampai tgl 21 juli keesokan paginya sekitar jm 4,saya berhubungan pdahal posisi saya belum kb trus jm 8 saya suntik kb jdi pertanyaanya apakah saya bisa hamil dok mengingat saya juga menyusui asi exklusif setiap 2 jam sekali bahkan juga malam bayi tk bangunin untuk nyusu... Sekian dan terimakasih dok,saya tunggu jwbanya ea dok...

24 Jul 2018, 16:08 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya suntik kb dilakukan pada 5 hari pertama siklus menstruasi Anda. Jika Anda melakukan pada masa itu maka kontrasepsi sudah efektif. Akan tetapi jika Anda disuntik setelah masa diatas, sekiranya Anda perlu menunggu 7 hari setelah penyuntikan jika ingin melakukan hubungan suami istri.

Kehamilan terjadi apabila anda melakukan hubungan intim di masa subur. Sebelum menghitung masa subur, perlu diketahui terlebih dulu berapa hari siklus haid Anda. Apakah 21 hari? 28 hari? 35 hari? atau yang lain?. Siklus haid normal berlangsung antara 21-35 hari. Untuk mengetahui masa subur Anda, perlu diketahui terlebih dulu rata-rata siklus haid Anda dalam 3 bulan terakhir.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

24 Jul 2018, 16:08 WIB