Penggunaan Kaca Mata Minus

Dok , saya mau tanya ,apa kah harus pake kacamata mata setiap waktu? Soalnya saya baru2 pake kacamata mata, awal nya mata saya nggak jles di papan tulis, burum gitu, jadi harus pake kacamata, kalo nggak pake kacamata cuma seperlunya saja apa kh mines nambah kah dok?

Lihat Selengkapnya
pria, 18 Tahun25 Jul 2018, 07:27 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar penggunaan kaca mata minus menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang mata minus. Mata minus atau Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada dasarnya, progresivitas rabun jauh akan menjadi stabil mulai usia 20 tahun, artinya minus tidak akan bertambah, atau kalaupun bertambah hanya sedikit.

Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata sedangkan mata dengan astigmatisme adalah dengan menggunakan lensa silindris. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak.

Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Makanan atau obat-obatan tidak dapat menghilangkan miopia. Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi miopia adalah dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK).

Apakah kacamata minus harus dipakai terus?

seperti yang sudah dijelaskan, kacamata minus bertujuan untuk membantu Anda melihat jarak jauh. Anda tidak perlu memakainya saat tidur, mandi, atau membaca dalam jarak dekat. Jika Anda merasa tidak ada gangguan penglihatan saat melihat dekat termasuk melihat komputer maka Anda tidak perlu memakainya, namun dipakaipun tidak masalah.

Ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk melindungi mata Anda:

  • Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda aman untuk melihat monitor komputer.
  • Pastikan ukurannya, masih sesuai atau tidak.
  • Posisikan monitor komputer Anda selevel dengan mata supaya Anda tidak menunduk.
  • Gunakan anti-glare screen untuk menghindari mata silau.
  • Seringlah berkedip untuk mencegah mata kering.
  • Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.
  • Untuk tips bekerja dengan komputer, kami sertakan artikel:
  • Pandang Komputer Maksimal Dua Jam

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan . Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Wortel Dapat Sembuhkan Minus Mata?

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Menyembuhkan Mata Minus

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Benarkah Minum Jus Wortel Dapat Mengurangi Minus?

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Visus Mata vs Minus Mata

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Kurang Jelas Melihat Jarak Jauh

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk