Gugu Bungsu Impaksi

Info Penanya, pria 26 Tahun

Gigi bungsu saya 80% muncul dan 20%tertanam di gusi dan saat ini rasanya sakit. Kira kira berapa hari ini rasa sakitnya hilang. Karna saya susah 4 hari merasa sakit.

25 Jul 2018, 08:26 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gigi geraham bungsu yang tumbuh impaksi atau mengalami gangguan pertumbuhan memang dapat menyebabkan beberapa masalah dan gangguan. Gigi impaksi dapat terbenam seluruhnya dalam tulang,  atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring atau posisi abnormal lainnya  Munculnya gigi geraham bungsu terjadi pada usia 17- 21 tahun dan berbeda-beda pada tiap orang.Banyak sekali kasus gigi geraham tumbuh secara bermasalah dan menimbulkan keluhan dan gangguan. Posisi tumbuhnya gigi molar 3 atau geraham bungsu yang impaksi ini bermacam-macam seperti tumbuh sebagian, miring dan bahkan horizontal.

Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.

Setiap tindakan, bahkan tindakan pencabutan biasa sekalipun pasti mengandung resiko namun bila sudah dilakukan antisipasi sebelumnya maka resiko ini dapat diminimalisir yaitu dengan melakukan pemeriksaan lengkap termasuk mengenai riwayat kondisi pasien baik lokal (rongga mulut) maupun secara sistemik (kondisi tubuh keseluruhan).

Tentu akan ada ketidaknyamanan yang akan Anda rasakan setelah operasi namun hal tersebut adalah hal yang wajar dan normal terjadi, dan bahkan dapat diminimalisir asalkan Anda disiplin dalam mengikuti petunjuk dan instruksi dokter gigi Anda paska operasi. Bila hal tersebut sudah diantisipasi, (maksudnya Anda sudah tahu apa yang akan Anda hadapi saat dan setelah operasi), maka besar kemungkinan ketakutan dan kecemasan Anda dapat berkurang. Perlu dicamkan bahwa pencabutan gigi adalah langkah terakhir setelah alternatif perawatan lain sudah tidak mungkin lagi untuk dilakukan. Kami sarankan ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi (sebaiknya drg. spesialis bedah mulut). 

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

25 Jul 2018, 08:26 WIB