Haid Tidak Teratur Memakai KB Suntik

Istri saya mentruasi terlalu cepat minggu kemarin habis haid sekarang haid lagi istri saya pakai suntik kb 5 tahun dan sudah brjalan 2 thn ini.

Lihat Selengkapnya
pria, 27 Tahun26 Jul 2018, 09:19 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan tentang efek KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Pertanyaan - #253568

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Darah Haid Banyak Sejak Suntik KB

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Gangguan Haid Karena KB

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Suntik KB dan Berhubungan

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk