Sperma Menggumpal Saat Ejakulasi

Assalamuallaikum dok saya mau nanya. Dulu aku sering onani tapi sekarang sudah tidak. Sesekali aku onani tapi pas saat ejakulasi sperma saya agak aneh bentuknya kayak membatu dan oas keluat agak sakit. Itu pengaruh apa y dok? Tapi ketika kedua kalinya sperma keluar sudah normal. Saya khawatir apakah ada kelainan sama sperma saya? Atau ada penyakit? Terimahkasih. Wasalamuallaikum wr.wb.

Lihat Selengkapnya
pria, 23 Tahun26 Jul 2018, 11:49 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai sperma menggumpal melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berdasarkan keluhan yang Anda ceritakan kemungkinan sperma tersebut masih dalam batas normal, karena selain sperma mengandung lendir yang mengakibatkan teksturnya menjadi lebih kental dan bisa saja lebih padat bahkan sedikit menggumpal. Sperma kental atau encer tidak merupakan suatu tanda suatu penyakit. Sperma yang mengandung darah yang merupakan tanda suatu penyakit. Adanya darah pada cairan ejakulasi dinamakan Hematospermia.

Nah, untuk mengetahui apakah sperma pria itu normal atau tidak, sperma itu sehat dan subur atau tidak maka harus melalui proses pemeriksaan laboratorium. Tanpa pemeriksaan laboratorium, tidak dapat ditentukan keadaan kesuburan pria. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis Andrologi untuk memeriksakan lebih lanjut agar keluhan Anda teratasi dan dapat diterapi jika memang memerlukan terapi lebih lanjut.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Meningkatkan Kualitas Sperma

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Cara Menilai Kualitas Sperma

Dijawab oleh:dr. Anita Amalia Sari

Ejakulasi Dini

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk