Berat Badan Anak

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Dok sya punya anak usia 2 tahun 5 bula dgn Bb 10.2 kg dan Tb 82 cm apa itu masih normal dok untuk standar anak indonesia

26 Jul 2018, 22:34 WIB
dr. Alvin Nursalim, SpPD
dijawab oleh: dr. Alvin Nursalim, SpPD

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Berdasarkan Kurva CDC, untuk anak usia 329- 0 bulan, dengan jenis kelamin laki-laki maka berat badan normalnya adalah 11,8 - 15,6 kg. Sedangkan untuk anak perempuan adalah 11,5 - 14,8 kg. Apa jenis kelamin anak anda?

Bagaimana dengan aktivitas anak Anda? Apakah anak Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah anak Anda sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah anak Anda mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki. Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak sebagai second opinionDemikian, semoga informasi ini bermanfaat.

26 Jul 2018, 22:34 WIB