Hamil Setelah Keguguran

Info Penanya, pria 23 Tahun

Dok saya mau tanya.... Kalau istri udah keguguran apa masih bisa hamil lagi....

27 Jul 2018, 22:09 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya seputar Hamil Setelah Keguguran melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Keguguran adalah berhentinya kehamilan sebelum usia 20 minggu. Kondisi ini dapat membuat Anda dan pasangan mengalami berbagai macam emosi –seperti marah, sedih, merasa bersalah, atau bahkan trauma. Jadi, selain memerhatikan kondisi fisik, emosi-emosi tersebut juga harus diatasi terlebih dahulu sebelum hamil kembali.Satu hal yang perlu dicatat, Anda tidak dianjurkan untuk berhubungan seksual selama 2 minggu setelah keguguran. Ini bertujuan untuk mencegah infeksi dalam organ kandung Anda. Pasalnya, Anda tetap berpotensi untuk hamil, meski siklus haid baru kembali normal 6 minggu setelah keguguran.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk menunda kehamilan paling tidak 6 bulan setelah keguguran. Ini untuk memperkecil risiko komplikasi kehamilan dan kelahiran pada ibu maupun bayi.

Tetapi, hasil penelitian terbaru Amerika Serikat tidak sependapat dengan WHO. Penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 wanita dengan riwayat keguguran ini mengungkapkan bahwa 76% wanita yang mulai mencoba untuk hamil dalam waktu 3 bulan setelah keguguran lebih berpeluang hamil (69%) dibandingkan dengan yang menunda lebih dari 3 bulan (51%).

Angka kelahiran hidupnya pun lebih besar, yakni 53% (3 bulan) dan 36% (lebih dari 3 bulan). Pada kedua kelompok ini, tidak ditemukan perbedaan risiko komplikasi kehamilan dan kelahiran pada ibu maupun bayi.

Jika sudah sembuh secara fisik dan psikis, kehamilan yang sehat dan kelahiran hidup akan didapatkan oleh 85% wanita dengan satu kali keguguran, dan 75% wanita yang telah mengalami tiga kali keguguran. Namun perlu diingat, hamil setelah keguguran –apalagi keguguran berulang– perlu direncanakan dengan hati-hati dan matang.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menerapkan pola makan sehat, serta konsumsi suplemen zat besi dan asam folat sebelum hamil. Di samping itu, selalu diskusikan dengan dokter Anda sebelum mencoba hamil kembali –terutama bila Anda memiliki riwayat keguguran lebih dari dua kali, berusia di atas 35 tahun, dan pernah mengalami masalah kesuburan.

Berikut ini kiat untuk mempersiapkan kehamilan setelah mengalami keguguran:

  • Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum memulai persiapan kehamilan, sangat baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang sebelumnya merawat Anda. Dokter tersebut tentu sudah mengetahui riwayat kesehatan Anda dan kemungkinan penyebab Anda mengalami keguguran, sehingga dapat diberikan terapi yang optimal selama persiapan kehamilan.

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi 

Persiapkan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah, serta vitamin dan mineral. Anda sebaiknya menghindari minuman kopi yang dapat meningkatkan detak jantung dan merangsang sistem saraf.

  • Mengonsumsi asam folat

Konsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak janin. Selain suplemen yang mengandung asam folat, Anda juga bisa mendapatkan asam folat dari makanan berikut: sayuran berdaun hijau, serealia, serta buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buah jenis sitrus lainnya.

  • Menjaga berat badan

Berat badan merupakan salah satu faktor penentu dalam masa kehamilan. Berat badan yang kurang atau berlebihan bisa menjadi salah satu komplikasi selama kehamilan dan risiko mengalami kesulitan saat proses kelahiran.

  • Menjaga pola hidup sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga rutin dua kali dalam seminggu, berhenti merokok dan minum alkohol. Kesemua hal ini erat kaitannya dengan kegagalan konsepsi.

  • Berhubungan seksual di waktu yang tepat

Dua hari sebelum ovulasi dan dua hari sesudah ovulasi merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan keturunan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Hamil Setelah Keguguran. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

27 Jul 2018, 22:09 WIB